STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR TINGKAT SD/MI
MATA PELAJARAN BAHASA MADURA
- LATAR BELAKANG
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, social, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajarai semua mata pelajaran. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartsipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginative yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran Bahasa Madura diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Madura dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan Madura
Standar Kompetensi mata pelajaran Bahasa Madura merupakan kwalifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, ketrampilan berbahasa dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Madura. Standar Kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional dan global.
Dengan standar kompetensi mata pelajaran bahasa Madura ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri.
2. Guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar
3. Guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya
4. Orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan dan kesastraan di sekolah
5. Sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia
6. Daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional
- TUJUAN
Mata pelajaran Bahasa Madura bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
Ø Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulisan
Ø Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Madura sebagai bahsa lokal yang berlaku di Madura dan sekitarnya
Ø Memahami bahasa Madura dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
Ø Menggunakan bahasa Madura untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
Ø Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
Ø Menghargai dan membanggakan sastra Madura sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia
- RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Madura mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
- Mendengarkan
- Berbicara
- Membaca
- Menulis
Ketrampilan menulis dan membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan
- STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Kelas I Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami isi cerita yang dilisankan. | Melafalkan berbagai bunyi bahasa Menyebutkan tokoh dalam cerita Menjawab pertanyaan tentang isi cerita |
Berbicara 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan | 2.1. Menceriterakan gambar dengan kalimat sederhana. 2.2. Mengidentifikasi teka-teki 2.3. Mendeskripsikan benda-benda disekitar dengan kalimat sederhana |
Membaca 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring | Membaca nyaring kata dengan lafal yang tepat Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat |
Menulis 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin | Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau sumber lain dengan benar Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar Menyalin puisi sederhana |
Kelas I Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 5. Memahami cerita sederhana yang diceritakan guru | 5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar 5.2 Menceriterakan kembali gambar yang telah diceritakan |
Berbicara 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pendapat tentang gambar, percakapan, dan kidung. | Menceriterakan isi gambar dengan bahasa sederhana Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai Melagukan/menyanyikan kidung Madura berbentuk pantun |
Membaca 7. Memahami teks pendek | Membaca lancar wacana sederhana (5 - 10 kata) dengan intonasi yang tepat Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan |
Menulis 8. Memahami cara menulis dengan ejaan yang benar tegak bersambung | Menulis kalimat sederhana dengan tegak bersambung Menulis kata atau kalimat sederhana dengan ejaan yang benar Menyalin kidung yang bernbentuk pantun dengan tegak besrsambung |
Kelas 2 Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetansi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami isi cerita tentang kegiatan sehari- hari yang dikerjakan anak | 1.1. Mengungkapkan kembali cerita kegiatan sehari-hari yang dikerjakan anak 1.2. Menyebutkan dan mengartikan kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari |
Berbicara 2. Melakukan percakapan dengan menggunakan tingkatan Bahasa Madura | .2.1. Meminta bantuan dan meminta izin kepada orang lain dengan menggunakan ondhagga basa 2.2. Menceriterakan isi percakapan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami orang lain 2.3. Mengungkapkan okara kakanthen yang terdapat dalam wacana |
Membaca 3. Memahami wacana tentang kegiatan sehari-hari dengan lafal dan intonasi yang tepat | 3.1 Membaca nyaring wacana dengan lafal dan intonasi yang tepat 3.2. Menyimpulkan isi bacaan 5 - 10 kalimat yang dibaca secara lancar |
Menulis 4. Menulis huruf kapital pada kalimat dalam bentuk tulisan lepas atau tegak bersamnbung sesuai dengan ejaan yang benar | 4.1 Menulis huruf kapital pada nama orang, nama hari, nama tempat , dan nama bulan 4.2. Menulis huruf kapital pada permulaan kalimat |
Kelas 2 Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetansi Dasar |
Mendengarkan 5. Memahami ide pesan, gagasan, pendapat dan perasaan orang lain dengan tingkatan bahasa Madura (ondagga Basa Madura) | 5.1 Menyampaikan kembali ide pesan, gagasan, pendapat atau perasaan orang lain dengan tingkatan bahasa Madura (ondhagga Basa Madura) 5.2 Mengubah kalimat sederhana berdasarkan tingkatan bahasa (ondhagga basa) Madura. |
Berbicara 6. Mengekpresikan karya sastra Madura khususnya ( kejung bahasa Madura yang berbentuk pantun) | 6.1. Mengungkapkan ”okara kakanthen” yang terdapat dalam wacana 6.2. Melagukan kejung en-maenan Madura dengan tepat (lir-saalir, gai’ bintang) |
Membaca 7. Melafalkan kata/ kalimat yang mengandung vokal tajem dan vokal alos | 7.1. Mendeklamasikan puisi Madura tentang hiburan dengan baik 7.2. Melafalkan kata yang mengandung vokal tajem dan vokal alos dengan tepat 7.3. Mengartikan kata-kata (sinonim/ antonim) |
Menulis 8. Menulis kalimat dengan menggunakan tanda koma, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru, dan kata-kata seperti diftong dan konsonan kembar yang benar dalam bentuk tulisan lepas atau tegak bersambung. | 8.1. Menggunakan tanda koma, tanda hubung, tanda tanya, dan tanda seru. 8.2. Menggunakan kata-kata seperti bunyi diftong dan konsonan kembar dengan benar. |
Kelas 3 Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetansi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami wacana yang berisi karya sastra Madura | 1.1. Mengidentifikasi peribahasa (parebasan) dalam wacana 1.2. Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana yang berisi karya sastra Madura 1.3. Mengartikan parebasan yang telah terindentifikasi |
Berbicara 2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sesuai dengan tingkatan bahasa Madura lewat telepon | 2.1. Melakukan percakapan lewat telepon dengan menggunakan tingkatan bahasa madura 2.2. Menceriterakan kembali isi percakapan 2;3; Membuat kalimat yang berisi peribahasa (parebasan) |
Membaca 3. Memahami teks dengan membaca pemahaman dan membaca paparegan | 3.1. Membaca nyaring teks (10-20 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat 3.2. Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan teks 3.3 Menjelaskan arti kata dalam bacaan (sinomim dan antonim) 3.4. Membaca carakan Madura (a, na, ca, ra, ka) dalam bentuk kata/ kalimat 3.5. Melengkapi paparegan Madura dengan bahasa lisan |
Menulis 4. Mengungkapkan pikiran dengan kata-kata yang menggunakan bunyi pelancar, kata serapan dan menulis carakan. | 4.1. Membuat kalimat berisi kata asal yang mengandung bunyi pelancar ”y ”atau ”w” 4.2. Membuat kalimat dengan menggunakan kata serapan 4.3. Menulis carakan Madura dengan penekanan pada pemakaian huruf A, NA, CA,RA,dan KA dalam bentuk kata/ kalimat 4.4. Menulis carakan Madura dengan penekanan pada pemakaian huruf DA,TA, SA, WA, dan LA dalam bentuk kata/ kalimat |
Kelas 3 Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetansi Dasar |
Mendengarkan 5. Memahami,dan menanggapi berbagai ragam wacana lisan melalui mendengarkan isi berita | 5.1. Mengungkapkan isi berita yang didengar dengan benar 5.2. Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan isi berita yang didengar |
Berbicara 6. Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sesuai dengan tingkatan bahasa Madura melalui menceritakan suatu peristiwa dan melagukan karya sastra Madura (kidung permainan) | 6.1. Menceriterakan pengalaman di waktu libur 6.2. Melakukan percakapan yang isinya menyatakan benar atau salah sesuai dengan tinkatan bahasa Madura. 6.3. Mengungkapkan suatu kalimat dengan menggunakan tingkatan bahasa Madura (basa alos) 6.4. Melagukan kejung en-maenan Madura dengan benar |
Membaca 7. Memahami teks bacaan yang bersisi bangsalan dan rora basa | 7.1. Membaca nyaring teks bacaan 7.2. Menjelaskan arti dan maksud oca’ bangsalan Madura 7.3. Membaca huruf carakan Madura pada penekanan huruf PA, DHA, JA, YA,NYA, dan MA, GA, BA, THA, NGA dengan atributnya dalam bentuk kata / kalimat 7.4. Mengidentifikasi rora basa |
Menulis 8. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, dan perasaan secara tertulis serta menulis carakan | 8.1. Melengkapi kalimat dengan tepat 8.2. Menggunakan kata berimbuhan (awalan dan akhiran) dengan tepat 8.3. Menguraikan kata menurut suku kata 8.4. Menulis carakan Madura dengan penekanan pada pemakaian huruf PA, DHA, JA,YA, dan NYA dengan atributnya (pangangguy swara : lenge,lenge-longo, cethak,soko, dan pet-pet) dalam bentuk kata/ kalimat 8.5. Menulis carakan Madura dengan penekanan pada pemakaian huruf MA,GA,BA,THA, dan NGA dengan atributnya (pangangguy swara : lenge,lenge-longo, cethak,soko, dan pet-pet) dalam bentuk kata/ kalimat |
Kelas 4 Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetansi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami isi wacana puisi legenda dan prosa tokoh atau kebudayaan | 1.1. Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana 1.2. Menceritakan kembali isi wacana secara lisan/ tulisan 1.3. Menyebutkan tokoh dan sifatnya |
Berbicara 2.Memahami dan menggunakan ca’-oca’ pangalem, oca’ tandhuk , oca’ se andhi’ arti paleng, dan oca’ rangkep dalam kalimat dan melagukan karya sastra Madura | 2.1 Bercakap-cakap dengan ungkapan oca’ pangalem bagian tubuh 2.2 Menyempurnakan oca’ asal menjadi oca’ tandhuk dalam kalimat secara lisan 2.3 Mencari kata-kata (ca’ oca’) yang mempunyai arti paling (paleng) 2.4 Menggunakan kata ulang (oca’ rangkep) dalam kalimat 2.5 Melagukan pantun Madura dengan benar |
Membaca 3. Memahami lambang bunyi menjadi suara sesuai dengan ejaan yang benar dan okara kakanthen | 3.1. Melafal kata dalam kalimat sesuai dengan artinya 3.2 Mengartikan kata yang sama dengan bunyi yang berbeda (homograf) dalam kalimat 3.3. Melengkapi ”okara kakanthen” yang rumpang 3.4. Membuat ”okara kakanthen” degan tepat |
Menulis 4. Menulis arti kata dalam kalimat yang ditulis, penulisan kata dalam kalimat dengan penekanan pada struktur kata , dan menulis carakan | 4.1 Menulis arti kata dalam kalimat 4.2 Menulis kata dalam kalimat yang memiliki pola struktur V, VK, KV, KVK, KKV, dan KKVK. 4.3 Menggunakan pangangguy panyegek (cek-cek, lajar, dan wiknyan/ bisat) dalam kalimat 4.4 Menggunakan pangangguy panamba (pedher atau cakra, perper atau kerret, dan soko malja atau pengkal) dan papaten dalam kalimat 4.5 Menggunakan pada deg-adeg, pada lengsa dan , pada longse |
Kelas 4 Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetansi Dasar |
Mendengarkan 5. Memahami wacana prosa narasi tentang tokoh pendidikan daerah dan cerita rakyat | 5.1. Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana. 5.2. Menyebutkan tokoh dan kalimat yang menyatakan sifatnya. 5.3. Menemukan pokok pikiran masing-masing paragraf masing- masing paragraf |
Berbicara 6. Mengungkapkan ide /pesan, gagasan, pendapat, pengalaman, dan perasaan dalam sesuai ondagga basa Madura | 6.1 . Menyampaikan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana 6.2 Menyampaikan secara lisan pesan yang terkandung dalam percakapan sesuai ondhagga basa. 6.3 Menceritakan kembali isi percakapan secara lisan sesuai ondhagga basa. |
Membaca 7. Memahami teks bacaan, sinonim dan antonim, oca’ rangke’( oca’ camporan), kerata basa, oca’ saroja, dan rora basa | 7.1 Membaca nyaring teks agak panjang (60 -100 kata) dengan lafal dan intonasi yang benar 7.2 Menemukan sinonim kata-kata sulit dalam bacaan 7.3 Menemukan antonim kata-kata sulit dalam bacaan 7.4 Menggunakan antonim dan sinonim kata dalam sebuah kalimat 7.5 Menggunakan oca’ rangke’ atau oca’ camporan dalam kalimat 7.6 Menemukan kata yang suku katanya memiliki okara kerata basa 7.7 Menjelaskan maksud rora basa dalam kalimat |
Menulis 8. Menulis surat undangan, kerata basa, kata depan (oca’ lantaran), carakan madura, dan homonim | 8.1 Menulis surat undangan dengan benar. 8.2 Menulis arti kerata basa 8.3 Menulis oca’ lantaran dengan benar dalam kalimat. 8.4 Menggunakan pasangan aksara gajang se aropa pasangan dhampengan(a, sa, pa), gantongan (nya, wa,na) , dan tompang tendhi (ca, ra, ka, da, ta, la, dha, ja, ya, ma,ga, ba, tha, dan nga) carakan madura 8.5. Menyebutkan arti kata yang sama pada kalimat yang berbeda. |
Kelas 5 Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetansi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami isi wacana prosa persuasi | 1.1. Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana 1.2. Menceritakan kembali isi wacana secara lisan / tulisan 1.3. Mengartikan kata-kata dalam wacana yang bermakna konotatif dan denotatif |
Berbicara 2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan untuk menyampaikan rasa hormat, menawarkan bantuan kepada orang lain dengan menggunakan ondhagga basa | 2.1. Melakukan percakapan untuk menyampaikan rasa hormat kepada orang lain dengan menggunakan tingkatan bahasa (ondhagga basa) . 2.2. Melakukan percakapan mengenai menawarkan bantuan kepada orang lain dengan menggunakan tingkatan bahasa (ondhagga basa). |
Membaca 3. Memahami teks dengan membaca cepat dan pantun | 3.1. Membaca teks bacaan dengan kecepatan 75 kata per menit 3.2. Menemukan gagasan utama teks yang dibaca. 3.3. Membaca pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat. |
Menulis 4. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan perasaan dalam bentuk parebasan, menulis carakan, oca’ tandhuk, oca’ barang ,kata seru, kata sifat, dan kata bilangan | 4.1. Menulis karangan sederhana yang berisi parebasan Madura. 4.2. Menulis carakan yang menggunakan pa cerrek, nga lellet , dan huruf besar (NA, SA, dan PA) dalam bentuk kalimat. 4.3. Membuat kalimat dengan menggunakan kata berimbuhan meN- (oca’ tandhuk) 4.4. Membuat kalimat dengan menggunakan kata benda (oca’ barang) 4.5. Membuat kalimat dengan menggunakan kata seru (oca’ serro) 4.6. Membuat kalimat dengan menggunakan kata sifat (oca’ sepat) 4.7. Membuat kalimat dengan menggunakan kata bilangan (oca’ bilangan) |
Kelas 5 Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetansi Dasar |
Mendengarkan 5. Memahami wacana prosa deskripsi | 5.1. Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana. 5.2. Menceriterakan kembali isi wacana secara lisan / tulisan 5.3. Mengartikan/ mengidentifikasi kata-kata sulit yang terdapat dalam wacana. 5.4. Menemukan pokok pikiran masing-masing paragraf |
Berbicara 6. Memahami percakapan dengan menggunakan ondhagga basa. | 6.1 Melakukan percakapan tentang penyelesaian suatu pekerjaan dengan menggunakan ondhagga basa. 6.2 Melakukan percakaan tentang cara menyapa orang lain sebagai awal pembicaraan dengan menggunakan tingkatan bahasa (ondhagga basa). |
Membaca 7. Memahami teks bacaan dengan membaca memindai. | 7.1. Mengidentifikasi kata ganti yang terdapat dalam bacaan 7.2. Mengidentifikasi kata sambung yang terdapat dalam bacaan 7.3. Mengidentifikasi kata berakhiran NA dan A (apanoteng NA dan A) dalam bacaan 7.4. Menyimpulkan isi bacaan dengan beberapa kalimat |
Menulis 8. Mengungkapkan ide, pikiran, pendapat dan perasaan dalam bentuk kalimat yang berisi bangsalan ,menulis carakan, dan macapat | 8.1. Menulis kalimat yang mengandung bangsalan 8.2. Menulis carakan Madura dengan menggunakan huruf besar (KA, TA, NYA, GA, dan BA) dalam kalimat. 8.3. Melagukan tembang macapat yang ditulis |
Kelas 6 semester 1
Standar Kompetensi | Kompetansi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami wacana yang didengar | 1.1. Menulis hal-hal pokok dari teks yang didengar 1.2. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi wacana 1.3. Menceriterakan kembali wacana yang didengar |
Berbicara 2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan perasaan secara lisan dengan menggunakan ondhagga basa | 2.1. Melakukan percakapan yang berisi identifikasi suatu hal dengan menggunakan tingkatan bahasa (ondhagga basa) 2.2. Melakukan percakapan untuk mengajak orang lain sesuai dengan tingkatan bahasa (ondhagga basa) . 2.3. Melakukan percakapan yang berisi pernyataan sanggup atau tidak sanggup sesuai dengan tingkatan bahasa (ondhagga basa) |
Membaca 3. Memahami struktur kalimat tentang kalimat sempurna dan kalimat tidak sempurna / kalimat sederhana (okara majja), kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, dan saloka. | 3.1. Membandingkan isi kalimat sempurna , kalimat tidak sempurna, dan kalimat sederhana di dalam wacana yang dibaca secara intensif 3.2. Mengidentifikasi kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, dan saloka. |
Menulis 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dalam bentuk prosa, menulis pidato, bangsalan, menulis carakan Madura. | 4.1. Menulis prosa (gancaran) dengan memperhatikan pilihan kata yang tepat. 4.2. Menulis teks pidato sesuai dengan tema. 4.3. Menulis kalimat yang berisi ” bangsalan” . 4.4. Menulis carakan ”pasanganna aksara raja” (NA, SA, PA, KA) |
Kelas 6 Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetansi Dasar |
Mendengarkan 5. Memahami puisi Madura dan macapat | 5.1. Menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang didengar. 5.2. Memprosakan puisi secara lisan/ tulisan. 5.3. Menulis dan melagukan tembang macapat |
Berbicara 6. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan perasaan secara lisan dengan menggunakan ondhagga basa | 6.1. Melakukan percakapan yang berisi pernyataan benar atau salah sesuai tingkatan bahasa ”ondhagga basa Madura” 6.2. Melakukan percakapan yang berisi pernyataan penawaran bantuan pada orang lain sesuai tingkatan bahasa ”ondhagga basa Madura” |
Membaca 7. Memahami isi bacaan yang mengandung sinonim, antonim, kalimat tunggal, dan kalimat majemuk. | 7.1. Menggunakan kata yang bersinonim/ berantonim dalam kalimat 7.2. Mengidentifikasi kalimat tunggal dan kalimat majemuk dalam bacaan |
Menulis 8. Mengungkapkan ide, pesan, gagasan, pendapat, pengalaman dan perasaan dengan menggunakan ondhagga basa dan menulis carakan | 8.1. Menulis wacana sesuai dengan tema 8.2. Menulis carakan pasanganna aksara raja (Ta, Ka, Ba, dan Ca) |
E. ARAH PENGEMBANGAN
Standar Kompetensi dan kompetnsi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan standar proses dan standar penilaian
STANDAR KELULUSAN BAHASA MADURA
TINGKAT SD/MI
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, kidung, dan puisi
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita, drama, dan carakan madura.
4. Menulis
Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi alam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase (rora basa, okara kakanten), serta berbagai karya sastra (bangsalan, kerata basa) untuk anak berbentuk cerita, puisi, pantun, dan carakan madura.
Apa bisa untuk didownlod artikelnya pak ?
BalasHapusSangat membantu dan semuga berkah ilmunya
BalasHapus