Mengenai Saya

Foto Saya
SABAR - JUJUR - TAWAKKAL MODAL UTAMA KESUKSESAN

Senin, 20 Juni 2011

SK DAN KD BAHASA MADURA SD/MI (KAB.SUMENEP)


STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR TINGKAT SD/MI

MATA PELAJARAN BAHASA MADURA

  1. LATAR BELAKANG


Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, social, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajarai semua mata pelajaran. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartsipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan  serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginative yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran Bahasa Madura diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Madura dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan Madura
Standar Kompetensi mata pelajaran Bahasa Madura merupakan kwalifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, ketrampilan berbahasa dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Madura. Standar Kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional dan global.
Dengan standar kompetensi mata pelajaran bahasa Madura ini diharapkan:
1.    peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri.
2.    Guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar
3.    Guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya
4.    Orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan dan kesastraan di sekolah
5.    Sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia
6.    Daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional






  1. TUJUAN
Mata pelajaran Bahasa Madura bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
Ø  Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulisan
Ø  Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Madura sebagai bahsa lokal yang berlaku di Madura dan sekitarnya
Ø  Memahami bahasa Madura dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
Ø  Menggunakan bahasa Madura untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
Ø  Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
Ø  Menghargai dan membanggakan sastra Madura sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia

  1. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Madura mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
-      Mendengarkan
-      Berbicara
-      Membaca
-      Menulis
Ketrampilan menulis dan membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan


  1. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR


Kelas I Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
 Mendengarkan
1.    Memahami isi cerita yang dilisankan.

        Melafalkan berbagai bunyi bahasa
        Menyebutkan tokoh dalam cerita
        Menjawab pertanyaan tentang isi cerita

Berbicara
2.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan

2.1. Menceriterakan gambar dengan kalimat sederhana.
2.2. Mengidentifikasi teka-teki
2.3. Mendeskripsikan benda-benda disekitar dengan kalimat sederhana

Membaca
3.    Memahami teks pendek dengan membaca nyaring



        Membaca nyaring kata dengan lafal yang tepat
        Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
4.    Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin


        Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf
        Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf
        Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau sumber lain dengan benar
        Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
        Menyalin puisi  sederhana








Kelas I Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.    Memahami cerita sederhana yang diceritakan guru


5.1    Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

5.2    Menceriterakan kembali gambar yang telah diceritakan

Berbicara
6.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pendapat tentang gambar, percakapan, dan kidung. 


        Menceriterakan isi gambar dengan bahasa sederhana
        Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai
        Melagukan/menyanyikan kidung Madura berbentuk pantun
Membaca
7.    Memahami teks pendek


        Membaca lancar wacana sederhana (5 - 10 kata) dengan intonasi yang tepat
        Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
Menulis
8.    Memahami cara menulis dengan ejaan yang benar tegak bersambung


        Menulis kalimat sederhana dengan tegak bersambung
        Menulis kata atau kalimat sederhana dengan ejaan yang benar
        Menyalin kidung yang bernbentuk pantun dengan tegak besrsambung 

























Kelas 2 Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetansi Dasar
Mendengarkan
1.   Memahami isi cerita   
       tentang kegiatan sehari-
       hari yang dikerjakan anak

1.1.  Mengungkapkan kembali cerita kegiatan sehari-hari yang dikerjakan anak
1.2.  Menyebutkan dan mengartikan kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari
Berbicara
2.   Melakukan percakapan
      dengan menggunakan
      tingkatan Bahasa
      Madura

.2.1. Meminta bantuan dan meminta izin kepada orang lain  dengan  menggunakan ondhagga basa

2.2.        Menceriterakan isi percakapan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami orang lain
2.3.        Mengungkapkan okara kakanthen yang terdapat dalam wacana

Membaca
3.   Memahami  wacana tentang kegiatan sehari-hari dengan lafal dan intonasi yang tepat

3.1    Membaca nyaring wacana dengan lafal dan intonasi  yang tepat

3.2.   Menyimpulkan isi bacaan 5 - 10 kalimat yang dibaca secara lancar
Menulis
4.   Menulis huruf kapital pada  kalimat dalam bentuk tulisan lepas atau tegak bersamnbung sesuai dengan ejaan yang benar

 4.1   Menulis huruf kapital pada nama orang, nama hari, nama tempat , dan nama bulan

4.2.  Menulis huruf kapital pada  permulaan kalimat

















Kelas 2 Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetansi Dasar
Mendengarkan
5.    Memahami ide pesan, gagasan, pendapat dan perasaan orang lain dengan tingkatan bahasa Madura (ondagga Basa Madura)

5.1   Menyampaikan kembali ide pesan, gagasan, pendapat atau perasaan orang lain dengan tingkatan bahasa Madura (ondhagga Basa Madura)

5.2   Mengubah kalimat sederhana berdasarkan tingkatan bahasa (ondhagga basa) Madura.

Berbicara
6.    Mengekpresikan karya sastra Madura khususnya ( kejung bahasa Madura yang berbentuk pantun)  


6.1.  Mengungkapkan ”okara kakanthen” yang terdapat dalam wacana

6.2.  Melagukan kejung en-maenan Madura dengan tepat
(lir-saalir, gai’ bintang)
Membaca
7.    Melafalkan kata/ kalimat yang mengandung vokal tajem dan vokal alos

7.1.     Mendeklamasikan puisi Madura tentang hiburan dengan baik

7.2.     Melafalkan kata yang mengandung vokal tajem dan vokal alos dengan tepat

7.3.    Mengartikan kata-kata (sinonim/ antonim)
Menulis
8.    Menulis kalimat dengan menggunakan tanda koma, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru, dan kata-kata seperti diftong dan konsonan kembar yang benar dalam bentuk tulisan lepas atau tegak bersambung.

8.1.    Menggunakan tanda koma,  tanda hubung, tanda tanya, dan tanda seru.

8.2.        Menggunakan kata-kata seperti bunyi diftong dan konsonan kembar dengan benar.















Kelas 3 Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetansi Dasar
Mendengarkan
  1. Memahami wacana yang berisi karya sastra Madura


1.1.  Mengidentifikasi peribahasa (parebasan) dalam wacana

1.2.   Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana yang berisi karya sastra Madura

1.3.   Mengartikan  parebasan yang telah terindentifikasi

Berbicara
  2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sesuai dengan tingkatan bahasa Madura lewat telepon

2.1.   Melakukan percakapan lewat telepon dengan
         menggunakan tingkatan bahasa madura

2.2.    Menceriterakan kembali isi percakapan

2;3;   Membuat kalimat yang berisi peribahasa (parebasan)

Membaca
  3. Memahami teks dengan  membaca pemahaman  dan membaca paparegan


3.1.  Membaca nyaring teks (10-20 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat

3.2.  Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan teks

3.3   Menjelaskan arti kata dalam bacaan (sinomim dan antonim)

3.4. Membaca carakan Madura (a, na, ca, ra, ka) dalam bentuk kata/ kalimat

3.5.  Melengkapi paparegan Madura dengan bahasa lisan
Menulis
  4. Mengungkapkan pikiran  dengan kata-kata yang menggunakan bunyi pelancar, kata serapan dan menulis carakan.

4.1.  Membuat kalimat  berisi kata  asal yang mengandung bunyi pelancar ”y ”atau ”w”

4.2.  Membuat kalimat dengan menggunakan kata serapan

4.3. Menulis carakan Madura dengan penekanan pada pemakaian huruf A, NA, CA,RA,dan KA dalam bentuk kata/ kalimat

4.4. Menulis carakan Madura dengan penekanan pada pemakaian huruf DA,TA, SA, WA, dan LA dalam bentuk kata/ kalimat
Kelas 3 Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetansi Dasar
Mendengarkan
5.  Memahami,dan menanggapi berbagai ragam wacana lisan melalui mendengarkan  isi berita

5.1.  Mengungkapkan isi  berita yang didengar dengan benar


 5.2. Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan isi berita yang didengar

Berbicara
6.  Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sesuai dengan tingkatan bahasa Madura
      melalui menceritakan suatu peristiwa dan melagukan karya sastra Madura (kidung permainan)


6.1.    Menceriterakan pengalaman di waktu libur

6.2.    Melakukan percakapan yang isinya menyatakan benar atau salah sesuai dengan tinkatan bahasa Madura.

6.3.    Mengungkapkan suatu kalimat dengan menggunakan tingkatan bahasa Madura (basa alos)

6.4.    Melagukan kejung en-maenan Madura dengan benar
 Membaca
7.  Memahami teks bacaan yang bersisi  bangsalan dan rora basa


7.1.     Membaca nyaring teks  bacaan
7.2.     Menjelaskan arti dan maksud oca’ bangsalan
           Madura
7.3.     Membaca huruf carakan Madura pada penekanan 
            huruf PA, DHA, JA, YA,NYA, dan MA, GA, BA,
           THA, NGA dengan atributnya dalam bentuk kata /
            kalimat
7.4.      Mengidentifikasi rora basa
Menulis
8.   Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, dan perasaan secara tertulis serta menulis carakan


8.1.    Melengkapi kalimat dengan tepat

8.2.    Menggunakan kata  berimbuhan (awalan dan      
  akhiran) dengan tepat
8.3.    Menguraikan kata menurut suku kata
8.4.    Menulis carakan Madura dengan penekanan pada pemakaian huruf PA, DHA, JA,YA, dan NYA dengan atributnya (pangangguy swara : lenge,lenge-longo, cethak,soko, dan pet-pet)  dalam bentuk kata/ kalimat
8.5.    Menulis carakan Madura dengan penekanan pada pemakaian huruf MA,GA,BA,THA, dan NGA dengan atributnya (pangangguy swara : lenge,lenge-longo, cethak,soko, dan pet-pet)  dalam bentuk kata/ kalimat


Kelas 4 Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetansi Dasar
  Mendengarkan
1.    Memahami isi wacana puisi legenda dan prosa tokoh atau kebudayaan




1.1.      Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana
1.2.      Menceritakan kembali isi wacana secara lisan/ tulisan
1.3.      Menyebutkan tokoh dan sifatnya
Berbicara
2.Memahami dan menggunakan ca’-oca’ pangalem, oca’ tandhuk , oca’ se andhi’ arti paleng,  dan oca’ rangkep dalam kalimat dan melagukan karya sastra Madura

2.1       Bercakap-cakap dengan ungkapan oca’ pangalem bagian tubuh
2.2       Menyempurnakan oca’ asal menjadi oca’ tandhuk dalam kalimat secara lisan
2.3       Mencari kata-kata (ca’ oca’) yang mempunyai arti paling (paleng)
2.4       Menggunakan kata ulang (oca’ rangkep) dalam kalimat
2.5       Melagukan pantun Madura dengan benar
Membaca
3. Memahami lambang
    bunyi menjadi suara
    sesuai dengan ejaan  
    yang benar dan
    okara  kakanthen

3.1.   Melafal kata dalam kalimat sesuai dengan artinya
3.2    Mengartikan kata yang sama dengan bunyi yang
          berbeda (homograf) dalam kalimat
3.3.    Melengkapi ”okara kakanthen” yang rumpang
3.4.    Membuat ”okara kakanthen” degan tepat
Menulis
4. Menulis arti kata
    dalam kalimat yang
    ditulis,  penulisan kata
    dalam  kalimat  dengan
    penekanan pada  struktur  
    kata , dan
    menulis carakan   


4.1       Menulis arti kata dalam kalimat
4.2       Menulis kata dalam kalimat yang memiliki pola struktur   V, VK, KV, KVK, KKV, dan KKVK.
4.3       Menggunakan pangangguy panyegek (cek-cek, lajar, dan wiknyan/ bisat) dalam kalimat
4.4       Menggunakan pangangguy panamba (pedher  atau cakra, perper atau kerret, dan soko malja atau pengkal) dan papaten dalam kalimat
4.5       Menggunakan pada deg-adeg, pada lengsa dan , pada longse













Kelas 4 Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetansi Dasar
Mendengarkan
 5.  Memahami wacana prosa narasi tentang tokoh pendidikan daerah  dan cerita rakyat

5.1.  Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana.

5.2.  Menyebutkan tokoh dan kalimat yang menyatakan sifatnya.

5.3.  Menemukan pokok pikiran masing-masing paragraf masing- masing paragraf
Berbicara
 6.  Mengungkapkan ide /pesan, gagasan, pendapat, pengalaman, dan perasaan dalam sesuai ondagga basa Madura

  
6.1 .  Menyampaikan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana

6.2    Menyampaikan secara lisan pesan yang terkandung dalam percakapan sesuai ondhagga basa.

6.3    Menceritakan kembali isi percakapan secara lisan sesuai ondhagga basa.

Membaca
7. Memahami teks bacaan, sinonim dan antonim, oca’ rangke’( oca’ camporan),  kerata basa, oca’ saroja, dan rora basa

7.1     Membaca nyaring teks agak panjang (60 -100 kata) dengan lafal dan intonasi yang benar

7.2     Menemukan sinonim kata-kata sulit dalam bacaan

7.3     Menemukan antonim kata-kata sulit dalam bacaan

7.4     Menggunakan antonim dan sinonim kata dalam sebuah kalimat

7.5     Menggunakan oca’ rangke’ atau oca’ camporan dalam kalimat

7.6     Menemukan kata yang suku katanya memiliki okara kerata basa

7.7     Menjelaskan maksud rora basa dalam kalimat
 Menulis
  8. Menulis surat undangan, kerata basa, kata depan (oca’ lantaran), carakan madura, dan homonim

8.1     Menulis surat undangan dengan benar.
8.2     Menulis arti kerata basa
8.3     Menulis oca’ lantaran dengan benar dalam kalimat.
8.4     Menggunakan pasangan aksara gajang se aropa  pasangan dhampengan(a, sa, pa), gantongan (nya, wa,na) , dan tompang tendhi (ca, ra, ka, da, ta, la, dha, ja, ya, ma,ga, ba, tha, dan nga) carakan madura
8.5.  Menyebutkan arti kata yang sama pada kalimat yang berbeda.

Kelas 5 Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetansi Dasar
Mendengarkan
1.  Memahami isi wacana prosa persuasi




1.1.      Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana
1.2.      Menceritakan kembali isi wacana secara lisan / tulisan
1.3.      Mengartikan kata-kata dalam wacana yang bermakna konotatif dan denotatif

  Berbicara
2.  Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan untuk menyampaikan rasa hormat, menawarkan bantuan kepada orang lain dengan menggunakan ondhagga basa


2.1.        Melakukan percakapan untuk menyampaikan rasa hormat kepada orang lain dengan menggunakan tingkatan bahasa (ondhagga basa) .

2.2.        Melakukan percakapan mengenai menawarkan bantuan kepada orang lain dengan menggunakan tingkatan bahasa (ondhagga basa). 

Membaca
3.  Memahami teks dengan membaca cepat dan pantun

   

3.1.    Membaca teks bacaan dengan kecepatan 75 kata per menit
3.2.      Menemukan gagasan utama teks yang dibaca.
3.3.      Membaca pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Menulis
4.   Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan perasaan dalam bentuk parebasan, menulis carakan, oca’ tandhuk,  oca’ barang ,kata seru, kata sifat, dan kata bilangan
   


4.1.        Menulis karangan sederhana yang berisi parebasan Madura.
4.2.        Menulis carakan yang menggunakan pa cerrek, nga lellet , dan huruf besar (NA, SA, dan PA) dalam bentuk kalimat.
4.3.        Membuat kalimat dengan menggunakan kata berimbuhan meN-  (oca’ tandhuk)
4.4.        Membuat kalimat dengan menggunakan kata benda (oca’ barang) 
4.5.        Membuat kalimat dengan menggunakan kata seru (oca’ serro)
4.6.        Membuat kalimat dengan menggunakan kata sifat (oca’ sepat)
4.7.        Membuat kalimat dengan menggunakan kata bilangan (oca’ bilangan)






Kelas 5 Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetansi Dasar
  Mendengarkan
   5. Memahami wacana   
        prosa deskripsi

5.1.  Menuliskan hal-hal penting/pokok yang berhubungan dengan wacana.
5.2.  Menceriterakan kembali isi wacana secara lisan / tulisan
5.3.  Mengartikan/ mengidentifikasi kata-kata sulit yang terdapat dalam wacana.
5.4.  Menemukan pokok pikiran masing-masing paragraf
Berbicara
  6. Memahami percakapan  dengan menggunakan ondhagga basa.

6.1     Melakukan percakapan tentang penyelesaian suatu pekerjaan dengan menggunakan ondhagga basa.
6.2     Melakukan percakaan tentang cara menyapa orang lain sebagai awal pembicaraan dengan menggunakan tingkatan bahasa (ondhagga basa).


Membaca
7. Memahami teks bacaan dengan membaca memindai.

7.1.        Mengidentifikasi  kata ganti yang terdapat dalam bacaan
7.2.        Mengidentifikasi kata sambung yang terdapat dalam bacaan
7.3.        Mengidentifikasi kata berakhiran NA dan A (apanoteng NA dan A) dalam bacaan
7.4.        Menyimpulkan isi bacaan dengan beberapa kalimat

 Menulis
  8. Mengungkapkan ide, pikiran, pendapat dan perasaan dalam bentuk
     kalimat yang berisi bangsalan         ,menulis carakan, dan macapat

8.1.        Menulis kalimat yang mengandung  bangsalan
8.2.        Menulis carakan Madura dengan menggunakan huruf besar (KA, TA, NYA, GA, dan BA) dalam kalimat.
8.3.        Melagukan tembang macapat yang ditulis












Kelas 6 semester 1

Standar Kompetensi
Kompetansi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami wacana yang didengar


1.1.      Menulis hal-hal pokok dari teks yang didengar
1.2.      Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi wacana
1.3.      Menceriterakan kembali wacana yang didengar

Berbicara
2.    Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan perasaan secara lisan dengan menggunakan ondhagga basa


2.1.    Melakukan percakapan yang berisi identifikasi suatu hal dengan menggunakan tingkatan bahasa (ondhagga basa)
2.2.    Melakukan percakapan untuk mengajak orang lain sesuai dengan tingkatan bahasa (ondhagga basa)
.
2.3.    Melakukan percakapan yang berisi pernyataan sanggup atau tidak sanggup sesuai dengan tingkatan bahasa (ondhagga basa)

Membaca
3.    Memahami  struktur kalimat tentang kalimat sempurna dan kalimat  tidak sempurna  / kalimat sederhana (okara majja), kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, dan saloka.



3.1.    Membandingkan isi kalimat sempurna , kalimat tidak sempurna, dan kalimat sederhana di dalam wacana yang dibaca secara intensif

3.2.    Mengidentifikasi kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, dan saloka.



Menulis
4.    Mengungkapkan pikiran, perasaan dalam bentuk prosa, menulis pidato, bangsalan, menulis  carakan Madura.  


4.1.    Menulis prosa (gancaran) dengan memperhatikan pilihan kata yang tepat.
4.2.    Menulis teks pidato sesuai dengan tema.
4.3.    Menulis kalimat yang berisi ” bangsalan” .
4.4.    Menulis carakan ”pasanganna aksara raja” (NA, SA, PA, KA)













Kelas 6 Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetansi Dasar
Mendengarkan
5.    Memahami puisi Madura  dan macapat


5.1.    Menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang didengar.
5.2.    Memprosakan puisi secara lisan/ tulisan.
5.3.    Menulis dan melagukan tembang macapat

Berbicara
6.    Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan perasaan secara lisan dengan menggunakan ondhagga basa


6.1.    Melakukan percakapan yang berisi pernyataan benar atau salah sesuai tingkatan bahasa ”ondhagga basa Madura”
6.2.    Melakukan percakapan yang berisi pernyataan penawaran bantuan pada orang lain sesuai tingkatan bahasa ”ondhagga basa Madura”


Membaca
7.    Memahami isi bacaan yang mengandung sinonim, antonim, kalimat tunggal, dan kalimat majemuk.


7.1.    Menggunakan kata yang bersinonim/ berantonim dalam kalimat
7.2.    Mengidentifikasi kalimat tunggal dan kalimat majemuk dalam bacaan


Menulis
8.    Mengungkapkan ide, pesan, gagasan, pendapat, pengalaman dan perasaan dengan menggunakan ondhagga basa dan menulis carakan


8.1.    Menulis wacana sesuai dengan tema
8.2.    Menulis carakan pasanganna aksara raja (Ta, Ka, Ba, dan Ca)



E.   ARAH PENGEMBANGAN

            Standar Kompetensi dan kompetnsi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan standar proses dan standar penilaian


STANDAR KELULUSAN BAHASA  MADURA
TINGKAT SD/MI

1. Mendengarkan

Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat

2. Berbicara

Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, kidung, dan puisi

3. Membaca

Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita, drama, dan carakan madura.

4. Menulis

Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi alam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase (rora basa, okara kakanten), serta berbagai karya sastra (bangsalan, kerata basa)  untuk anak berbentuk cerita, puisi, pantun, dan carakan madura.

1 komentar: