Mengenai Saya

Foto saya
SABAR - JUJUR - TAWAKKAL MODAL UTAMA KESUKSESAN

Senin, 20 Juni 2011

MONEV PASCA SERTIFIKASI GURU

Monitoring dan evaluasi terhadap para guru yang sudah bersertifkasi hendaknya harus dilakukan jika mutu pendidikan akan betul – betul meningkat, karena banyak guru yang lulus sertifkasi dalam mel;aksanakan tugasnya tidak menunjukkan bahwa dirinya adalah menyandang guru profesional, artinya guru tersebut tidak melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru sebagaimana mestinya, mulai dari membuat perencanaan pemebelajaran yang pada umumnya hanya menfotokopi dari orang lain, dalam mengelola proses pemebelajaran yang terkesan masih tradisional artinya tidak menunjukkan adanya model pembejaran yang inovatif dan bahkan membuat penilian asal jadi. Inilah tantangan dan kendala atau masalah yang harus segera ditanganinya.
Setelah guru lulus sertifikasi dan menerima tunjangan profesinya , di lapangan para guru tidak lagi meningkatkan kompetensinya akan tetapi kebanyakan dari mereka adalah berlaku konsumtif ini sangat di sayangkan sekali. Komitmen terhadap tugas pokoknya rupanya tidak nampak bahkan sama seperti ketika mereka menjadi guru sebelum ikut sertifikasi. 
Pada tahapan ini nampaknya setelah sertifikasi dilaksanakan bahkan tunjangan profesi sudah dicairkan, namun sampai saat ini belum ada program monitoring dan evaluasi dari pihak yang berkompeten terhadap para guru yang sudah lulus dan telah menerima tunjangan profesi. Apakah guru lulus sertifkasi tersebut sudah betul – betul menjadi guru yang profesional yang indikasinya dapat meningkatkan mutu pendidikan ataukah sebaliknya justru guru tersebut tidak lagi melaksakanan tugasnya sebagaimana mestinya. Disinilah perlunya adanya Tim monitoring dan evaluasi dari pihak yang terkait agar penilaian betul – betul obyektif misalnya dari unsur LPTK atau LPMP bersama Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk menentukan apakah guru – guru yang sudah bersertifkasi itu layak untuk dilanjutkan atau sebaliknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar